Sunday 15 May 2011

Tips memilih handphone berkamera

Gambar Hiasan sahaja

Dalam memilih handphone berkamera, kebanyakan orang akan membuat rumusan mudah bahwa kamera yang baik dan menghasilkan foto berkualiti adalah kamera handphone dengan jumlah megapixel yang besar (misalnya 5 – 10 megapixel)

Sebenarnya bukan fakta angka megapixel pada kamera mempengaruhi kualiti sesuatu gambar, tapi banyk lagi faktor lain.





Berikut faktur-faktur yang harus ada di handphone kamera :

Resolusi

Diukur dalam megapixel  iaitu jumlah pixel yang terdapat dalam 1 inci persegi. Biasanya semakin besar angka megapixel maka foto dapat dicetak lebih besar dan jelas. Megapixel juga mempengaruhi ukuran saiz file foto, makin besar saiz megapixel makin besarlah saiz fail dan memerlukan memory card yang lebih besar.

Autofokus

Autofokus berfungsi untuk memfokuskan objek tertentu untuk menghasilkan foto yang baik. Bila anda memilih kamera tanpa autofokus (fixed focus) kemungkinan besar foto yang dihasilkan akan blur.
Ada kalanya foto akan terlihat cantik pada layar handphone, tapi ketika anda melihatnya di komputer atau setelah foto di print anda akan menyadari bahwa sebenarnya hasil foto tersebut adalah blur.

Banyak dari kita tidak kisah tentang autofokus ini, namun bila menginginkan hasil foto yang baik autofokus merupakan perkara yang wajib.

Frames per second (FPS)

Kamera juga menyediakan fungsi  merakam video, dan kamera dengan megapixel besar biasanya akan menghasilkan video dengan kualiti biasa karena merakam dengan fps yang rendah.

Video merupakan kumpulan gambar yang diambil secara berturutan, semakin banyak gambar yang dapat diambil dalam 1 saat maka semakin baik video yang dihasilkan.

24 FPS adalah nilai minimal yang harus anda pilih, sementara dengan nilai 30 FPS akan menghasilkan video yang berkualiti. Sebagai faktur tambahan, periksa juga adakah handphone kamera tersebut boleh membuat rakaman dalam format HD (minimal 720 p)

Flash

Untuk pengambilan foto didalam ruangan lampu flash merupakan faktur yang sangat penting.
Ada 3 jenis lampu flash, yang terbaik dan juga paling mahal adalah Xenon Flash.

Cahaya yang dihasilkan dari lampu Xenon Flash menghasilkan cahaya +/- 1000 kali lebih terang dari jenis LED, namun Xenon flash memerlukan daya bateri yang lebih besar, yang akan membuat bateri handphone lebih cepat habis.

Pilihan kedua adalah Dual LED Flash. Lampu flash jenis ini menggunakan daya bateri yang lebih jimat tapi cahaya yang dihasilkan kurang terang. Ada juga Single LED Flash, namun cahaya yang dihasilkan sangat malap dan hampir tidak berguna.

Lensa dan sensor kamera

Lensa kamera merupakan faktor kunci dari handphone kamera, lensa yang baik menghasilkan foto yang berkualiti. Cari handphone yang menggunakan lensa terkenal, seperti Carl Zeiss.
Gambar bagian belakang Nokia N86

Sensor kamera, ada dua jenis iaitu CCD (charge coupled device) dan CMOS (complementary metal oxide semiconductor); Anda disarankan memilih handphone kamera yang menggunakan sensor CCD, karena hasil foto akan lebih baik dan tajam. Dan biasanya semakin besar ukuran sensor semakin bagus juga hasil fotonya. Sensor yang besar biasanya direfleksikan dari ukuran lensa kamera handphone (semakin besar semakin baik)

White balance, exposure, dan scene mode

White balance membantu pengaturan exposure (bukaan lensa) berdasarkan konsisi cahaya sekitarnya. Tanpa adanya white balance dan exposure, anda akan mendapatkan hasil foto yang tidak realitisk; dimana gambar langit biru di siang hari, tidak kelihatan benar-benar seperti asal dan akan menjadi kelihatan berwarna putih.

Scene mode membantu pengaturan exposure kamera sesuai dengan kondisi pencahayaan saat malam, siang hari, berawan, indoor (incandescent dan fluorescent).

Setting ini memudahkan kita mengambil foto yang bagus tanpa perlu mengatur secara manual White balance.

Faktur tambahan lainnya yang perlu dipertimbangkan:

1. Face detection, teknologi untuk mengenali wajah dan melakukan fokus di wajah, sehingga foto tidak akan fokus ditengah-tengah gambar.

2. Cari handphone kamera yang membolehkan gambar diupload  terus dari handphone ke Facebook, Youtube atau Picasa dll.

3. Image stabilisation, juga faktor berguna bagi mereka yang memiliki tangan yang gemetar saat mengambil foto sehingga hasil foto tidak berbayang

4. User interface yang mudah, tombol kamera dan penutup lensa kamera merupakan faktur tambahan terakhir yang disarankan.

No comments:

Post a Comment